TUGAS 10 APSI

DATA STORAGE DESIGN

Bapak Fajar Baskoro, S.Kom., M.T. 


Gambar 1. Data Storage

Data Storage Design adalah proses merancang komponen penyimpanan data dalam sistem komputer. Tujuannya adalah mengembangkan struktur dan strategi yang efisien untuk menyimpan, mengorganisir, dan mengakses data dengan baik. Data Storage Design penting karena keberhasilan sistem komputer sangat tergantung pada kemampuan sistem untuk menyimpan dan mengelola data dengan efisien. Dengan merancang penyimpanan data yang sesuai, dapat memastikan ketersediaan, keamanan, dan performa optimal dalam pengelolaan data.

Sistem Reservasi Hotel

Sistem reservasi hotel merupakan sistem pengelola manajemen reservasi sebuah bisnis perhotelan berbasis cloud. Dengan memanfaatkan software booking tidak hanya menguntungkan pemilik bisnis, namun juga para pelanggan. Pelanggan dapat melakukan reservasi kapanpun dan dimanapun. Sistem reservasi ini juga memperbarui informasi secara otomatis, real time dan akurat yang membuat pengelola akan lebih mudah menjawab pertanyaan ketersediaan layanan dari pelanggan.

Use Case Diagram

Use case diagram adalah salah satu jenis diagram yang digunakan dalam analisis dan perancangan sistem untuk menggambarkan interaksi antara aktor (entitas yang berinteraksi dengan sistem) dan use case (aktivitas atau fungsi sistem). Use case diagram membantu dalam mengidentifikasi dan memvisualisasikan fungsionalitas sistem yang akan dikembangkan, serta hubungan dan interaksi antara aktor dan use case. Diagram ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antara tim pengembang sistem dan pemangku kepentingan, membantu dalam pemahaman yang jelas tentang persyaratan sistem yang diharapkan. Berikut merupakan use case diagram dari sistem reservasi hotel berdasarkan fungsionalitas sistem :

  1. Use Case Diagram User

Adapun Use Case Diagram User pada sistem reservasi hotel sebagai berikut :

Nama Use Case : Akun User

Aktor : User

Tujuan : Sebelum melakukan reservasi hotel, user diwajibkan untuk membuat akun dengan data-data seperti email, nama, nomor telepon, alamat rumah. Setelah melakukan registrasi data tersebut akan disimpan oleh sistem. Ketika user telah mendaftarkan dirinya, ia juga akan bisa tau informasi tentang hotel maupun kamar yang ada, tak lupa pula user dapat memberikan kritik dan sarannya pada ulasan yang tersedia.

User

Sistem

  1. Lakukan registrasi akun

  1. Sistem akan menampilkan “Registrasi”

  1. User menginput data

  1. Sistem akan melakukan pengecekan kelengkapan data


  1. Apabila data sudah lengkap, sistem akan menampilkan “Registrasi”

  1. User memilih tombol “Registrasi”

  1. Data tersimpan dan sistem menampilkan home terkait informasi hotel sekaligus kamar yang tersedia

  1. User dapat memberikan kritikan dan saran (melihat dari foto yang ada) di ulasan yang tersedia



Kondisi :

Pada tahap 4 dan 5, apabila data user kurang lengkap dan ada kesalahan.

Alternatif :

Nama : Pembaruan Data User

Aktor : User

Deskripsi : Apabila data user kurang lengkap dan ada kesalahan, sistem akan menampilkan catatan “Data Anda Salah”, user harus melakukan perbaikan data agar dapat melakukan registrasi akun dengan melengkapi permintaan sistem di data bagian mana user harus melakukan perbaikan, setelah itu user akan dapat melakukan registrasi dan sistem akan menyimpan data tersebut.

  1. Use Case Diagram User Reservasi Kamar

Adapun Use Case Diagram User melakukan reservasi pada sistem reservasi hotel sebagai berikut :

Nama Use Case : User Reservasi

Aktor : User

Tujuan : User melakukan reservasi kamar hotel sekaligus melakukan pembayaran pada sistem reservasi hotel agar data yang diinginkan user disimpan oleh sistem. 

User

Sistem

  1. Lakukan login akun user

  1. Sistem akan menampilkan home user


  1. Sistem akan menampilkan nama hotel dan kamar yang disediakan

  1. Apabila user ingin melakukan pemesanan, pilih kamar hotel yang diinginkan

  1. Sistem akan menampilkan “Menuju Pembayaran”

  1. Lakukan DP/pembayaran lunas pada reservasi tersebut

  1. Apabila telah memenuhi kriteria pembayaran, maka sistem akan menampilkan “Reservasi”

  1. User memilih tombol “Reservasi”


  1. User dapat menuliskan laporan terkait fasilitas yang bersangkutan

  1. Sistem akan menyimpan data laporan fasilitas


Kondisi :

Pada tahap 6, apabila user belum memenuhi kriteria pembayaran.

Alternatif :

Nama : Reservasi Pembayaran 

Aktor : User

Deskripsi : Ketika user telah memilih kamar hotel yang diinginkan, maka akan ada kriteria pembayaran yang harus dipenuhi. Apabila user belum memenuhi kriteria tersebut, sistem akan menampilkan “Lakukan Pembayaran” sehingga user harus memenuhi kriteria pembayaran yang telah ada agar kamar tersebut tergolong reservasi user. 

  1. Use Case Diagram Administration

Adapun Use Case Diagram Administration pada sistem reservasi hotel sebagai berikut :

Nama Use Case : Administration

Aktor : Resepsionis 

Tujuan : Resepsionis melakukan administrasi pada reservasi kamar hotel user yang disimpan oleh sistem. 

Resepsionis

Sistem

  1. Lakukan login untuk resepsionis

  1. Sistem akan menampilkan home

  1. Resepsionis akan melihat pemesanan yang dilakukan user

  1. Sistem akan menampilkan pemesanan

  1. Resepsionis akan melakukan verifikasi pemesanan atau pembatalan yang dilakukan user

  1. Sistem akan menyimpan data kamar hotel yang telah direservasi atau melakukan drop pada kuota yang telah terisi sebelumnya

  1. Resepsionis akan melakukan verifikasi pada kriteria pembayaran yang dilakukan user

  1. Sistem akan menampilkan catatan sesuai pemenuhan kriteria pembayaran yang dilakukan user (‘Lunas’ atau ‘Telah melakukan Dp 50%’)


  1. Sistem akan secara otomatis mengirimkan invoice pembayaran pada email user


  1. Use Case Diagram Admin

Adapun Use Case Diagram Admin pada sistem reservasi hotel sebagai berikut :

Nama Use Case : Akun Admin

Aktor : Admin

Tujuan : Setelah admin melakukan login dengan username sekaligus menginputkan password, admin dapat melihat data-data pada waktu yang dipilih, ia juga dapat melakukan pengecekan terkait response yang ada. 

Admin

Sistem

  1. Lakukan login untuk akun admin

  1. Sistem akan menampilkan home akun admin

  1. Admin menginputkan jumlah kamar yang kosong/kamar yang ter-booking

  1. Sistem akan menampilkan jumlah yang diinputkan admin 

  1. Admin melakukan pengecekan status pembayaran untuk reservasi kamar hotel

  1. Sistem akan menampilkan deretan pembayaran tersebut

  1. Admin melakukan verifikasi pembayaran

  1. Apabila user telah melakukan DP/pelunasan pada pembayaran, sistem akan menampilkan data reservasi untuk kamar hotel beserta data user

  1. Admin dapat melihat kritik, saran dan laporan user terkait fasilitas yang ada

  1. Sistem akan menampilkan ulasan-ulasan user terkait fasilitas tersebut


Kondisi :

Pada tahap 9, apabila ditemukan laporan terkait kerusakan ataupun kekurangan fasilitas pada kamar hotel.

Alternatif :

Nama Use Case : Laporan Fasilitas

Aktor : Admin

Deskripsi : Apabila user mendapatkan kerusakan ataupun kekurangan fasilitas pada kamar hotel, user dapat membuatkan laporan dan laporan tersebut akan disimpan oleh sistem, selanjutnya sistem akan menampilkan laporan dengan highlight berwarna ‘merah’ yang nantinya memudahkan admin memberikan feedback pada laporan yang diberika. Ketika suatu laporan telah menerima feedback, maka admin dapat mengubah highlight tersebut berwarna ‘hijau’ secara manual pada akun admin. 

  1. Use Case Diagram Sistem Reservasi Hotel

Adapun Use Case Diagram keseluruhan pada sistem reservasi hotel yang memudahkan user untuk melakukan pemesanan kamar hotel ataupun memudahkan admin dalam pengecekan data-data user yang telah melakukan reservasi pada sistem. Berikut merupakan Use Case Diagram keseluruhan pada sistem reservasi hotel :

Data Flow Diagram


Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik dari sebuah sistem. DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data diantara komponen-komponen tersebut, asal, tujuan dan penyimpanan dari data tersebut. Fungsi dari pembuatan diagram alir data untuk kebutuhan software development yakni seperti menyampaikan rancangan sistem menjadi lebih mudah dengan tampilan visual yang dimengerti oleh setiap stakeholder, membantu proses penggambaran sistem dan dapat membuat rancangan model baru. Berikut adalah data flow diagram untuk sistem reservasi hotel dalam level 0 hingga level 2 :


1. Level 0

DFD level 0 juga dikenal sebagai diagram konteks. Level DFD ini merupakan gambaran dasar dari keseluruhan sistem atau proses yang dianalisis atau dimodelkan. Jenis diagram ini dirancang untuk menjadi tampilan abstraksi, menunjukkan sistem sebagai proses tunggal dan hubungannya dengan entitas eksternal. DFD level 0 merepresentasikan seluruh sistem sebagai gelembung tunggal dengan data input dan output yang ditunjukkan oleh panah masuk atau keluar. Berikut tampilannya DFD level 0 dari reservasi hotel

3Pada diagram ini sistem reservasi hotel melibatkan admin serta customer itu sendiri. Penjelasan secara singkat dari diagram diatas adalah customer akan melakukan reservasi hotel pada sistem yang kemudian admin akan mengakses permintaan customer yang ada pada sistem.


2. Level 1

DFD level 1, diagram konteks didekomposisi menjadi beberapa gelembung atau proses. Untuk itulah, DFD level 1 memberikan pemecahan yang lebih rinci dari potongan-potongan diagram konteks. Melalui level ini, akan lebih menyoroti fungsi utama yang dilakukan oleh sistem. Tepatnya ketika kamu memecah proses tingkat tinggi dari diagram konteks menjadi sub-prosesnya. Berikut tampilan DFD level 1 dari reservasi hotel

Pada diagram ini menjelaskan proses yang ada di dalamnya. Penjelasan secara singkat dari diagram diatas adalah pengguna akan memasukkan data kedalam sistem yang membuat sistem akan mengelola informasi pengguna ataupun mengelola catatan reservasi yang ada agar dapat diakses oleh admin dengan hal itu admin juga dapat sekaligus memantau status reservasi pada pengguna yang nantinya akan diproses pada informasi pembayaran secara detail.


3. Level 2

DFD level 2 menyajikan detail yang lebih spesifik. Level ini pada satu kondisi memerlukan lebih banyak teks untuk mencapai tingkat detail yang diperlukan tentang fungsi sistem. Berikut tampilan DFD level 2 dari reservasi hotel

Pada diagram ini menjelaskan terkait alur pengelolaan data dari customer oleh admin. Penjelasan secara singkat dari diagram diatas adalah admin dapat memasukkan, mengubah, menghapus atau bahkan melakukan update pada data customer. Data tersebut kemudian akan disimpan dalam database yang akan diolah sistem.

Entity Relationship Diagram

Entity Relationship Diagram (ERD) adalah salah satu jenis diagram yang sifatnya lebih struktural dan bisa digunakan untuk dimanfaatkan dalam suatu desain pada suatu database ataupun pada sebuah business plan. Entity Relationship Diagram memiliki komponen yang melakukan visualisasi pada dua informasi yang dianggap penting. Informasi pertama adalah entitas utama yang terdapat di dalam ruang lingkup suatu sistem. Sedangkan untuk informasi kedua adalah hubungan yang terdapat di berbagai entitas itu sendiri. Entity Relationship Diagram tentang bagaimana cara entitas tersebut bisa saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya di dalam suatu sistem.

1. Logical Data Model

Logical Data Model merupakan tahapan dimana kita menganalisis attribute,entity, dan relasi yang sudah ditentukan di tahap conceptual agar bisa diubah menjadi struktur database seperti table table yang ada pada relational database. Berikut Logical Data Model dari reservasi hotel

2. Physical Data model

Physical Data model merupakan gambaran fisik dari database yang akan dibuat dengan mempertimbangkan DBMS yang akan digunakan. Dalam Physical Data model hubungan antar entitas yang digunakan adalah hubungan secara kardinalitasnya. Berikut Physical Data model dari reservasi hotel

Matriks CRUD

Matriks CRUD yaitu matriks yang digunakan untuk memetakan hubungan antara proses dengan data ternormalisasi yang menunjukkan proses mana yang melakukan C(Create), R(Read), U(Update), dan D(Delete) dari record sesuai dengan proses data dari perusahaan. Berikut merupakan matriks CRUD dari reservasi hotel


Object Process

Customer

Receptionist

Payment

Admin

Reservation

Registration

C

C


C


Change Personal Data

RU

RUD


RU


Reservation Creation

C

C


C

C

Reservation Update

RU

RU


RU

U

Reservation Cancellation

U

UD


U

U

Find Reservation 

R

R

R

R


Update Credit Card

CRU





Confirm Payment

RU


C



Room Status


RU


RU


Room Status History


R


R


Create Room


CRU




Remove

Room


D





Muhammad Daffa Harits - 5025211005

Hanafi Satriyo Utomo Setiawan - 5025211195

Beauty Valen Fajri - 5025211227

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUIZ PBKK

TUGAS 1 PPL

TUGAS 1 PPB