TUGAS 3 PPB
Komponen Button ApplicationDice Roller
Pada pembahasan kali ini, mata kuliah pembelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Aplikasi ini memfasilitasi pengguna untuk melempar dadu dengan mengetuk tombol yang dapat disusun (composable Button). Hasil lemparan akan ditampilkan di layar menggunakan gambar yang dapat disusun (composable Image). Berikut merupakan langkah-langkah penerapan pembuatan aplikasi Dice Roller
1. Membuat Proyek Dengan Memilih Empty Activity
Langkah-langkah membuat proyek Android dengan memilih Empty Activity di Android Studio :
- Buka Android Studio.
- Buat proyek baru dengan memilih "Create New Project".
- Isi detail proyek seperti nama dan lokasi.
- Pilih opsi "Empty Activity" sebagai template proyek.
- Konfigurasi Activity baru sesuai kebutuhan.
- Selesaikan konfigurasi dan buat proyek.
Seperti tampilan berikut
Untuk mengisi kolom "Name" dengan "Dice Roller" seperti langkah-langkah berikut :
- Buka Android Studio.
- Klik "Create New Project" atau buka menu "File" -> "New" -> "New Project".
- Pilih kolom yang bertuliskan "Name" dan masukkan "Dice Roller" di dalamnya.
- Lanjutkan dengan mengklik "Next" atau "Finish" sesuai instruksi di layar.
- Setelah itu, Android Studio akan membuat proyek baru dengan nama "Dice Roller".
Seperti tampilan berikut
3. Lakukan import Resource Drawable
Langkah-langkah import resource Drawable di Android Studio :
- Buka jendela "Project" di Android Studio untuk menavigasi ke dalam proyek.
- Temukan direktori `res`, kemudian buka direktori `drawable`.
- Klik kanan pada direktori `drawable` dan pilih opsi "Show in Explorer" atau "Show in Finder".
- Salin gambar (file gambar) yang ingin Anda impor ke dalam direktori `drawable`.
Seperti tampilan berikut :
4. Lakukan modifikasi file MainActivity.kt
Langkah-langkah singkat untuk memodifikasi file `MainActivity.kt` di Android Studio :
- Buka file `MainActivity.kt` dalam proyek.
- Lakukan modifikasi yang diperlukan.
- Simpan perubahan.
Seperti tampilan berikut :
5. Lakukan modifikasi file strings.xml
Langkah-langkah singkat untuk memodifikasi file `strings.xml` di Android Studio :
1. Buka file `strings.xml` di direktori `res/values/`.
2. Modifikasi teks atau string yang diperlukan di dalam elemen `<string>`.
3. Simpan perubahan.
6. Tampilan aplikasi pada perangkat android
7. Hasil aplikasi pada perangkat android
Komentar
Posting Komentar