TUGAS 3 PPL

Software Architecture

Bapak Fajar Baskoro, S.Kom., M.T. 



Jurnal : Aplikasi Android Pengolahan Data Transaksi Perusahaan Telekomunikasi "X" dengan menggunakan Pentaho

Deskripsi Singkat 

Perusahaan telekomunikasi "X" membutuhkan aplikasi berbasis Android untuk mengumpulkan, merangkum, dan menyajikan informasi tentang jumlah transaksi panggilan dan SMS berdasarkan lokasi dan waktu. Aplikasi ini memanfaatkan proses ETL menggunakan Kettle Pentaho untuk mengubah data transaksi menjadi data mart. Grafik yang menampilkan informasi transaksi dibuat dengan menggunakan pustaka AChartEngine. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat menampilkan informasi tentang jumlah transaksi panggilan dan SMS dalam bentuk grafik pada perangkat bergerak berbasis Android dengan baik. Berikut merupakan skema-skema yang ada dalam pembuatan aplikasi android untuk pengolahan data transaksi pada perusahaan telekomunikasi "X" dengan menggunakan pentaho :

1. Use Case Diagram Aplikasi

    Berikut merupakan penjabaran kebutuhan dari aplikasi yang dibuat :

  1. Pengguna aplikasi ini adalah manajer.
  2. Aplikasi dapat diakses melalui perangkat bergerak berbasis android secara online.
  3. Aplikasi dapat menampilkan grafik ringkasan jumlah transaksi Call dan SMS berdasarkan lokasi dan waktu tertentu.
  4. Data dapat ditampilkan dalam bentuk grafik dalam tipe bar.
  5. Menu dari aplikasi yang dapat ditampilkan seperti grafik ringkasan data transaksi Call dan SMS berdasarkan kategori, grafik ringkasan data transaksi Call dan SMS berdasarkan pilihan pengguna, tabel ringkasan data transaksi Call dan SMS  berdasarkan pilihan pengguna.
2. Proses-Proses Aplikasi


Pada gambar tersebut terdapat 3 proses utama aplikasi yakni menampilkan grafik berdasarkan kategori, menampilkan grafik berdasarkan pilihan, menampilkan tabel berdasarkan pilihan.

3. Diagram Alir Proses-Proses Internal Aplikasi


    Berikut merupakan penjabaran diagram alir pada aplikasi :
  1. Menampilkan Grafik Berdasarkan Kategori
  2. Menampilkan Grafik Berdasarkan Pilihan
  3. Menampilkan Tabel Berdasarkan Pilihan
Ketiga diagram alir tersebut memiliki proses utama yang sama yakni proses query ke data mart berdasarkan pilihan pengguna.

4. Arsitektur Sistem

Arsitektur sistem dari aplikasi yang telah dibuat memiliki beberapa bagian utama yaitu data sumber Circuit Switch db, data mart sebagai tempat ringkasan data, web server untuk penyedia akses data, dan perangkat bergerak berbasis android sebagai media akses serta untuk menampilkan data dalam bentuk grafik.

5. Arsitektur Perangkat Lunak


Arsitektur aplikasi dibagi ke dalam beberapa layer, yaitu layer presentasi, laye logic, layer akses data dan layer database. Layer presentasi berisi komponen atau modul yang berkaitan dengan antarmuka aplikasi yang langsung berhubungan dengan pengguna. Layer logic berisi semua proses yang berkaitan dengan logika yang berjalan pada aplikasi, logika proses untuk menggunakan data dan menjadikannya ke dalam tampilan berupa grafik dan tabel. Layer akses data berisi komponen atau modul yang berfungsi untuk mengambil data dari database sesuai dengan permintaan. Layer database berisikan data mart. Data mart berisi semua data ringkasan transaksi Call dan SMS yang dibutuhkan oleh aplikasi.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 5 PPL

TUGAS 1 PPB